Ups, Salah Ngomong !

Hmmm, kemarin saya coba baca beberapa novel dan juga iseng-iseng baca bukunya poconggg. Emang kocak banget nih buku. Baca nih buku bisa-bisa sakit perut, cocok dah pokoknya buat olahraga perut sama pipi, bikin pegel :p.

Tapi sayang seribu sayang kalo buat pribadi saya buku ini kurang memuaskan. Ok guys, saya emang suka banget sama lawakannya. Yang bikin saya kurang puas dari segi penulisannya terkesan memaksakan. Tapi okelah dan saya juga ga terlalu pointing sama masalah ini.
Bagi saya ini hal biasa yang terjadi untuk menulis buku pada pertama kalinya. Yang bener-bener membuat saya kecewa adalah segi bahasa.

Pada artikel saya sebelumnya Bukan PR Kejar Tayang ! saya sempat menyinggung soal bahasa. Emang bener saya pro untuk menulis dengan gaya bahasa sehari-hari tapi bukan berarti tanpa batasan. Mungkin bagi kita pembaca yang punya pemikiran dewasa ga masalah. Karena saya anggap punya filter apa yang diserap. Lalu bagaimana dengan yang punya pemikiran pubertas tinggi. Di sini saya ga menyinggung soal usia. Karena pemikiran dewasa seseorang menurut saya berbeda-beda waktunya.

Inget guys tulisan kita adalah karakter kita. Setiap kata yang kita tulis adalah penggambaran diri kita. Saya rasa bukan hal yang sulit buat mengontrol bahasa tulisan kita ;) Karena tentu bisa edit puluhan kali, beda dengan ucapan yang sekali keluar ga bisa di tarik. 

Sebagai salah satu bangsa yang dikenal memiliki kesopanan so ayo tunjukin kesopanan kita lewat tulisan. Bukan hanya untuk saat ini, karena apa yang kita tulis saat ini juga mempengaruhi publik kita. Sebagai contoh dengan adanya tulisan " Anj***" akan membiasakan pembaca kita juga mengucapkan di kehidupan sehari-harinya. Tentu bisa dibayangkan efek di masyarakat luas. 

Sebagai penulis, walaupun masih dalam taraf blogger ( isilah mana nih taraf blogger :p ), pokoknya penulis dah, entah jurnalis, novelis, cepenis, atau blogger sekalipun mari ciptakan karya yang bersih dan sehat. Jangan hanya sekedar keuntungan pribadi semata ( udah kaya kampanye kebersihan RT yak kata-katanya :p )

Ingat tulisan adalah karakter kita. Sebagai blogger mari kita tunjukan karakter terbaik kita walau lewat tulisan. Berikan yang terbaik buat pembaca kita ;)


11 comments:

  1. Iya Pak Dokter...
    Suka sama pernyataan Om sikat sikut
    "Ingat tulisan adalah karakter kita."
    Well, saya baru dipinjemin buku pocongg dari temen..Belum baca.
    Iya jadi idola, tapi nyebarin hal nggak bener dengan kata2.nya..
    Hiks..jadi ekstra keras,buat jadi Penulis..

    ReplyDelete
  2. injiih mbah kakung...:) makasiih udah di ingetin, Insya ALLAH lagi belajar dan terus belajar buat nulis yang bener dan gak asal...
    untung..nay gak tertarik baca bukunya pocongg,,hehee...*maaf ye buat penggemar pocong* (^_^)

    ReplyDelete
  3. terus terang sy malah belum sama sxali tau tentang buku pocong juga pocong,,, dan nth knapa magnet sy tdk mengarah kesana,,ntahlh

    ReplyDelete
  4. eh bentar..kok ada account Naymanis siapa ya? :P

    ReplyDelete
  5. untung pocong ga ada besiny ya mas Kahfi. :P
    barusan baca di awal2..udah ngga ngelanjutin. GARING...

    ReplyDelete
  6. poconggg? aku follow twitternya. bikin senyum juga. belajar senum lagi hehehe... disuruh temenku tempat aku belajar kehidupan untuk bisa tersenyum, mentertawakan diri sendiri waktu bodoh dulu, gak usah menyesali. soal penulisan, aku paling gak bisa tuh nulis dengan bahasa indah. bisanya apa adanya, kalo kurang mantap, kasih lagu sekalian, hahaha...

    ReplyDelete
  7. weleh kang arrian udah baca juga toh :D

    ReplyDelete
  8. hehe yang saya tahu sih gitu :P

    ReplyDelete
  9. ia bener tulisan kita karakter kita

    ReplyDelete
  10. Hihihi awalnya emang rada garing tapi ada yang kocak juga sih tuh buku x)

    ReplyDelete
  11. emm, pocong sih udah terkenal sih ya, hehee.. ngga follow twitter nya dan ngga punay novelnya tapi ketenarannya udah cukup mmbuktikan pada saya dia pantes jadi komedian =="

    nah utk bahasa saya memang terus berhati2, apalagi di dunia maya yg banyak sekali mata mata membaca sana sini, jadi saya menjaga bahasa yg kurang sopan atau gimanaaa gitu :D
    emang kalo media twitter kesannya ceplas ceplos, tapi harus bisa punya rem dan bisa mengendalikan rem itu :D

    di FB kan ada fiture liat status kita 1 tahun yg lalu, yaelah status saya khas ababil :D
    wkwkwkk

    ReplyDelete

Powered by Blogger.