Area Bebas Bicara dan Beropini

Sunday, October 16, 2011

Yeah, Plagiat?! Bikin Kesel Euy !

Sungguh miris itulah yang saya rasakan ketika mendengar ada seseorang yang mendapatkan penghargaan yang tinggi namun bukan atas karyanya sendiri. Mungkin kita sering menyebutnya dengan plagiat. Sama halnya di dunia blogging juga begitu.


Bayangkan saja jika anda sudah berusaha keras membuat suatu artikel namun ada orang lain yang cuma copy paste. Apa yang anda rasakan? Tentu sangat bikin ga enak hati. Mungkin ga masalah kalo ada ijinnya. Tapi kalo udah ga ijin bahkan sampe ga nyantumin sumbernya? Wow hati kita yang sudah bikin susah-susah di ambil gitu ajah rasa kaya pengin banting mouse ( maksudnya biar di beliin mouse baru yang kerenan dikit :p ).

Sebut saja terselubung, unik, dikutip dll (agak vulgar nih ). Bagaimana menurut anda ?? Kalo pribadi saya jujur bikin miris. Kenapa ?? Tentu jika hal tersebut akan mempengaruhi blogger lainnya. Yah jelas tinggal copas yang banyak terus publis. Buat dalih pembelaan tinggal kasih link tapi tulisannnya yang kecil. kalo perlu linknya dimatiin. Biar ga bikin berat sisi SEO kita. Gimana ? Mudah bukan ngeblog biar eksis? Efeknya, tentu saja akan semakin berkurang orang yang mau meluangkan ide kreatifnya.

Dan yang lebih parah mereka merasa bangga hasil pembajakan yang mereka lakukan. Tapi entahlah apa yang dipikirkan sama orang-orang semacam itu ;) Apalagi banyak pihak yang ikut memanfaatkan hasil karya mereka. Dengan iming-iming kesuksesan lewat jalur kotor. 

Apakah saya iri? Pasti, hasil keringat saya untuk kepentingan umum di ambil gitu ajah buat kepentingan komersil mereka. Namun apalah daya jika memang hal tersebut sudah terjadi. Namun semangat blogging saya ga boleh luntur hanya dengan hal seperti itu. Banyak sesepuh, teman, ataupun saudara yang masih benar-benar di sebut ngeblog. Yang pasti saya emang bukan blogger yang bersih. Tapi setidaknya hasil karya saya semaksimal mungkin bisa memberikan anda pengalaman kalo perlu pengetahuan yang saya miliki. ;)

Sebisa mungkin hindari plagiat. Kalo pun emang harus ada yang dikutip. Sebutkan saja sumbernya. Ga perlu malu. Hal tersebut justru membuat kita semakin menghargai kerja keras mereka layaknya menghargai diri sendiri ;)

Semangat blogging all, Tetap semangat dengan ide kreatif kalian :D